Credit Union

Apa sih Credit Union?

Credit union sendiri berasal dari bahasa latin yaitu Credere  dan Union. Credere artinya adalah kepercayaan sedangkan Union artinya kesatuan/kumpulan. Jadi Credit Union adalah suatu badan usaha yang terdiri dari sekumpulan orang yang saling memercayai satu sama lain dalam ikatan pemersatu yang memiliki kesepakatan untuk menabungkan uang mereka sehingga terciptanya modal yang digunakan untuk pinjaman diantara anggota dengan memberikan bunga yang layak dengan tujuan produktif dan kesejahteraan.

Credit Union berfungsi sebagai lembaga yang mengelola keuangan dan juga merupakan sebuah gerakan yang didasari atas dasar kepercayaan para anggotanya. Yang tujuannya untuk saling memberdayakan, memperkuat soldaritas dan memperkokoh kesejahteraan masyarakat  yang pelakunya adalah para anggota itu sendiri.

Yang tergabung dalam Credit Union adalah dari berbagai jenis lapisan masyarakat yang mau bekerjasama. Kumpulan masyarakat tersebut mengumpulkan uang untuk membentuk modal bersama dan dipinjamankan kepada sesama anggota.
Dalam membentuk Credit Union, diperlukan beberapa prisnip-prinsip utama yaitu:
  •       Tabungan hanya dapat diperoleh dari anggotanya
  • Pinjaman hanya diberikan kepada anggota
  •       Jaminan terbaik si peminjam adalah watak si peminjam itu sendiri

Comments

Popular posts from this blog

CU. Sehati

Manusia dan Tanggung Jawab

Lirik Inilah Kita - Maliq & D'Essentials